Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

PAHLAWAN KEHIDUPAN

admin November 6, 2018
43 Views

OLEH : NAZARUDDIN

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “PAHLAWAN” berasal dari bahasa sansekerta yaitu Phala dan Wan yang bermakna orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bangsa, Negara dan agama. Maksudnya adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbananya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani dengan definisi, untuk konteks Indonesia terlepas apakah kepahlawanannya sudah dikukuhkan oleh pemerintah atau belum, kita mengenal sosok-sosok pahlawan seperti : pahlawan Raja Haji Fisabilillah, pahlawan Raja Ali Haji, dan pahlawan sultan Mahmud Riayat Syah (Kepulauan Riau ) dan lain-lain.

Saat ini kita masih tetap membutuhkan pahlawan, dalam makna substansinya pahlawan senantiasa ada menurut zamannya, memberikan manfaat dan berhitung akan peran dalam kehidupan social menjadikan makna pahlawan yang sesungguhnya, keberadaannya seiring dengan terus berjalannya kehidupan manusia dalam setiap penggalan sejarah senantiasa dengan kepekaan social yang tingginya ambisi pribadi. Pahlawan banyak jenisnya. Berbakti sesuai dengan kemampuan dibidangnya menjadi peluang utnuk berpredikat pahlawan, yang terbaiklah yang dibutuhkan. Peringatan hari pahlawan 10 Nopember diambil dari keberhasilan para pejuang Surabaya merebut Hotel Orange (Hotel Mojopahit) yang merupakan simbol penjajahan. Apa yang membuat pahlawan dibutuhkan ? untuk apa pahlawan itu ada ? seperti apakah pahlawan yang di butuhkan ini ?

Setiap manusia bisa menjadi pahlawan, kemampuannya untuk merenda sejumlah nilai dalam hati, gerak langkah, perbuatan dan ucapannya yang mampu membedakan untuk layak disebut pahlawan. Pahlawan pada dasarnya orang yang memiliki dedikasi social yang tinggi. Orang yang memiliki pengorbanan dan tanggungjawab kepada orang banyak, yaitu kesadaran untuk berbuat, melakukan pekerjan dengan baik dan ikhlas, menunjukan kesungguhan terhadap sejumlah orang yang terkait dengan peran dan pekerjaannya. Seorang pahlawan bahkan merelakan jiwanya di pertaruhkan untuk kepentingan masyarakat luas, meskipun terkadang tidak ada orang yang mengetahui atau mengenangnya. Pahlawan sepi dari pamrih. Sejumlah nilai yang dimiliki pahlawan para pahlawan tetap relevan di butuhkan bangsa ini. Meski tantangan yang dihadapi bangsa ini berbeda-beda, nilai-nilai itu tetap diharapkan hadir ditengah-tengah masyarakat kita.

Bangsa ini masih membutuhkan pahlawan kehidupan yang mau berpikir untuk bangsanya-pertama, dianatara sikap kepahlawanan yang dibutuhkan ialah sikap anti korupsi. Penyelewengan keuangan itu merupakan salah satu musuh besar bangsa ini, NARKOBA, dan penyakit social kemasyarakatan lainnya. Menghindarinya bahkan keberanian memberantasnya ialah sikap pahlawan kehidupan masa kini. Semakin banyak jumlah orang jenis ini dan makin gigih perjuangan mereka, maka akan berhasil perjuangan bangsa ini melawan segala kemaksiatan. Kedua, berani mengungkapkan kebenaran dan menegakan rasa keadilan merupakan sikap pahlawan kehidupan masa kini lainnya. Ketiga, sikap yang dibutuhkan lainnya ialah berpikir kea rah kebaikan dan kemanusiaan. Carut-marut, bangsa ini akibat terjadinya krisis kebaikan. Setiap usaha yang dilakukan sering mengabaikan fungsinya untuk kebaikan bersama

Terjadilah pilihan-pilihan kebijakan public yang efeknya merugikan banyak orang. Pahlawan kehidupan masa kini berani berfikir kepada kebaikan bersama dalam bentuk langkahnya. Orientasi kebangsaan menjadi kebutuhan yang langka. Sikap itu kini sulit dijumpai dinegeri ini. Ada cita-cita besar sehingga mampu memunculkan manusia berkaliber pahlawan. Bila cita-cita itu terwujud, tercapailah kehidupan bersama yang ideal tentu mewujudkannya tidak mudah. Tak sembarang mampu melakoninya. Sejumlah hambatan berat dan ringan mesti dilalui.

Nilai atau karakter selalu melekat pada sebutan kata pahlawan, kejujuran, tanggungjawab, displin, kesungguhan, pengorbanan, tahan uji, ulet cerdas, dan seterusnya adalah sebuah keniscayaan yang mutlak harus diwujudkan. Bobot kepahlawanannya bergantung pada seberapa mampu karakter atau nilai-nilai tersebut bisa di hadirkan dalam kehidupan ini. Oleh karena itu, apapun bidang dan profesi serta jabatannya berprinsip pada nilai adalah hal penting yang menjadi sebuah keniscayaan bagi siapapun.

Bangsa yang besar, adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya, semakin banyak pahlawan maka semakin besarlah bangsa ini dalam mencapai cita-cita mulianya. Semoga anda selalu menjadi pahlawan kehidupan saat ini pada masa yang akan datang, terimakasih para pahlawanku. Kami selalu berdoa yang tebaik buat prestasi yang ditorehkan para pahlawan. Amien…